Konfrontasi Indonesia-Malaysia

Posted by Unknown on 8/29/10

Konfrontasi Indonesia-Malaysia - ui onblur="try {parent.deselectBloggerImageGracefully();} catch(e) {}" href="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6NpOJaxS0LJ-vGZ8gxtumGdi-8CTkEtADmVHY9k99O7FRsKtrOXW6IF6Okgr-D3aalJXsYMq8O7SJgd170Rq-G7YvwHtUAJfufw98lcWN3mTuAIoFHG87QZcrfDqgvmrkwR-BFjMRbpY/s1600/779751.jpg">
Perang Indonesia-Malaysia makin panas. Pada 17 Agustus pasukan terjun payung mendarat di pantai barat daya Johor dan mencoba membentuk pasukan gerilya.

Pada 2 September 1964 pasukan terjun payung didaratkan di Labis, Johor. Pada 29 Oktober, 52 tentara mendarat di Pontian di perbatasan Johor-Malaka dan membunuh pasukan Resimen Askar Melayu DiRaja dan Selandia Baru.

Pada Januari 1965, Australia setuju untuk mengirimkan pasukan ke Kalimantan setelah menerima banyak permintaan dari Malaysia. Pasukan Australia menurunkan 3 Resimen Kerajaan Australia dan Resimen Australian Special Air Service.

Ada sekitar 14 ribu pasukan Inggris dan Persemakmuran di Australia pada saat itu. Secara resmi, pasukan Inggris dan Australia tidak dapat mengikuti penyerang melalu perbatasan Indonesia. Tetapi, unit seperti Special Air Service, baik Inggris maupun Australia, masuk secara rahasia.

Pada pertengahan 1965, Indonesia mulai menggunakan pasukan resminya. Pada 28 Juni, mereka menyeberangi perbatasan masuk ke timur Pulau Sebatik dekat Tawau, Sabah dan berhadapan dengan Resimen Askar Melayu Di Raja dan Kepolisian North Borneo Armed Constabulary.

Pada 1 Juli 1965, militer Indonesia yang berkekuatan kurang lebih 5.000 orang melabrak pangkalan Angkatan Laut Malaysia di Semporna. Serangan dan pengepungan terus dilakukan hingga 8 September namun gagal.

Pasukan Indonesia mundur dan tidak penah menginjakkan kaki lagi di bumi Malaysia. Peristiwa ini dikenal dengan "Pengepungan 68 Hari" oleh warga Malaysia.

Title : Konfrontasi Indonesia-MalaysiaSEOer Mendem5
URL : http://mixed-corner.blogspot.com/2010/08/konfrontasi-indonesia-malaysia_8647.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Konfrontasi Indonesia-Malaysia ini jika bermanfaat bagi sobat.

Posts related to Konfrontasi Indonesia-Malaysia:

0 komentar | add komentar

Post a Comment