Presiden Peringati Satu Tahun Tsunami di Aceh dan Natal di Nias

Posted by Unknown on 11/16/05

Presiden Peringati Satu Tahun Tsunami di Aceh dan Natal di Nias -
Jakarta, (Analisa)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berencana akan merayakan hari Natal bersama masyarakat Nias pada 25 Desember 2005 dan selanjutnya menghadiri acara peringatan satu tahun terjadinya bencana alam tsunami di Banda Aceh pada 26 Desember 2005.

"Presiden memutuskan bahwa tanggal 25 Desember akan berada di Nias untuk bersama-sama masyarakat Nias merayakan hari Natal dan 26 Desember akan berada di Banda Aceh untuk memperingati satu tahun tsunami," kata Kepala Badan Rehabilitasi dan Rekonstrusi (BRR) NAD dan Nias, Kuntoro Mangkusubroto, di Kantor, Presiden, Jakarta, Selasa, menjelaskan hasil rapat koordinasi perkembangan proses rehabilitasi dan rekonstruksi di NAD dan Nias.

Dalam kesempatan yang sama, Menneg Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas Sri Mulayani yang merangkap Sekretaris DewanPengarah BRR, mengatakan bahwa rapat tersebut juga membahas persiapan peringatan tsunami di Banda Aceh tanggal 26 Desember.

Acara peringatan akan berisi berbagai kegiatan untuk mengenang tragedi tersebut serta melihat berbagai langkah untuk mengoreksi proses rehabilitasi dan rekonstrusi di Aceh dan Nias.

Pada 26 Desember 2004, sekitar pukul 7:58:50 WIB terjadi gempa bumi pada bujur 3,2980 utara dan 95,7790 timur kurang lebih 160 km sebelah barat Aceh sedalam 10 kilometer.

Gempa ini berkekuatan 8,9 menurut Skala Richter. Gempa bumi tersebut terdahsyat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir yang menghantam Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Gempa tersebut lalu diikuti oleh gelombang air pasang (tsunami) yang melanda NAD dan Nias.

Gempa dan tsunami akhir tahun itu melanda 13 dari 21 kabupaten/kota di NAD yang mengakibatkan lebih dari 250 ribu jiwa meninggal dunia dan hilang serta tercatat tidak kurang dari 500 ribu penduduk jadi pengungsi karena kehilangan tempat tinggalnya. (Ant)

Sumber: Analisa, 16 November 2005

Posts related to Presiden Peringati Satu Tahun Tsunami di Aceh dan Natal di Nias:

0 komentar | add komentar

Post a Comment