Gubsu Serahkan Bantuan Pembangunan Gereja-gereja di Nias dan Nisel

Posted by Unknown on 2/23/06

Gubsu Serahkan Bantuan Pembangunan Gereja-gereja di Nias dan Nisel -

Gunungsitoli (SIB)

Wagubsu Drs Rudolf M Pardede, Rabu (22/2) menyerahkan bantuan berupa dana tunai untuk pembangunan sejumlah gereja di Nias dan Nias Selatan yagn rusak total akibat bencana alam tsunami 26 Desember 2004 lalu dan gempa bumi 28 Maret lalu.

“Ada 366 unit gereja yang sudah dianjukan untuk menerima bantuan pembangunan ulang sebesar Rp 20 juta per gereja. Tapi, pada tahap pertama ini diserahkan sebesar 30 persen-nya kepada sejumlah gereja yang telah diaudit. Selebihnya akan diserahkan secara bertahap hingga mencapai 100 persen. Saya, selaku pengurus TD Pardede Foundation terus bekerja sama dengan Pendeta Bambang Yonan (dari YKPMI) untuk mencari dana-dana bantuan gereja,” ungkap Rudolf Pardede di Gunungsitoli.

Dia menyatakan hal itu pada acara penyerahan bantuan pembangungan gereja kepada lima organisasi gereja di Nias dan Nias Selatan, yaitu gereja Banua Niha Keriso Protestan (BNKP), Banua Niha Keriso Protestan Indonesia (BNKPI), Orahua Niha Keriso Protestan (ONKP), Agowuloa Faawosakhe Yesu (AFY), dan Gereja-gereja Pantekosta di Indonesia (GpDI), di gedung gereja BNKP Distrik Moawo Kec. Gunungsitoli.
Dia juga menjelaskan, seharusnya bantuan itu diserahkan oleh Kepala Dinas Sosial Propinsi Sumut Drs Sylvester Lase, tapi karena Sylvester saat ini sedang berstatus cuti karena ikut Pilkada Nias 2006 sebagai salah satu calon Bupati Nias 2006-2011, maka bantuan itu diserahkan langsung oleh Rudolf Pardede. Pada kesempatan itu juga Rudolf menyatakan terimakasih atas antusias dan respon warga Nias di gereja itu atas sebutan langsung ‘Bapak Gubernur Sumut’ kepada dirinya, sehingga dinyatakan sebagai orang pertama yang menyebutnya sebagai Gubsu.
Hadir pada acara itu, Ephorus BNKP Pdt AR Gea, Ephorus Gereja AFY Pdt K Waruwu, penasehat yayasan YKPMI Pdt Bambang Yonan dari Jakarta, Sekda Kabupaten Nias mewakili Buoati Nias Drs FG Martin Zebua, Kepala Dinas Sosial Propinsi Sumut yang juga calon Bupati Nias Nomor 3 Drs Sylvester Lase, mantan anggota DPR RI Firman Djaya Daeli, Dandim 0213 Gunungsitoli Letkol Inf Martua Sihotang, Kapolres Nias AKBP Untung Sudarto dan sejumlah pendeta dari berbagai gereja di Nias dan Nias Selatan.
Acara itu sempat menarik perhatian dan dicurigai sejumlah komponen masyarakat yang terlibat dalam kampanye Pilkada Nias 2006, sebagai trik atau bagian dari acara kampanye untuk salah satu bakal calon (Balon) Bupati tertentu, apalagi ketika penasehat YKPMI Bambang Yonan menolak untuk memberi kata sambutan pada acara penyerahan bantuan itu.
Alasan lain adalah, realisasi bantuan pembangunan gereja yang disebutkan Rudolf Pardede seyoganya sudah diserahkan beberapa bulan lalu, baru dapat diserahkan pada Rabu (22/2) kemarin. Namun kerika dikonfirmasi SIB langsung kepada Rudolf Pardede seusai acara penyerahan bantuan dan makan bersama di gereja itu, dengan tegas dia menyatakan hal itu semata-mata karena masalah waktu.
“Bukan apa-apa, bantuan ini baru diserahkan sekarang karena memang baru sekarang ada waktu,” ujarnya kepada SIB disaksikan sejumlah pendeta dan unsur Muspida Kab. Nias ketika akan memasuki mobil BK-1 menuju Bandara Binaka untuk kembali ke Medan.
Sebelumnya, Bupati Nias Binahati B Baeha yang juga calon Bupati Nias 2006-2011 juga ikut menjemput kedatangan Wagubsu Rudolf Pardede, dan sempat berbincang-bincang dengan calon Bupati lainnya Drs Sylvester Lase di ruang tunggu bandara, sebelum kemudian berangkat ke Lotu untuk menghadiri kampanye dan silaturahmi sosial. (A14/LZ/o)

Sumber: Hariansib Online, Kamis, 23 Pebruari 2006

Posts related to Gubsu Serahkan Bantuan Pembangunan Gereja-gereja di Nias dan Nisel:

0 komentar | add komentar

Post a Comment