Gempa 7,1 SR Landa Nias * Terasa Di Sibolga Dan Tarutung

Posted by Unknown on 5/17/06

Gempa 7,1 SR Landa Nias * Terasa Di Sibolga Dan Tarutung -


Medan, (WASPADA Online): Kepulauan Nias di Sumatera Utara, Selasa (16/5) malam, sekira pukul 22:30, diguncang tiga kali gempa berturut-turut berkekuatan bervariasi mulai dari 7,1 SR sampai 6,1 SR. Bayu, staf BMG Jakarta, sebagaimana dihubungi Antara Selasa malam, mengatakan, gempa pertama terjadi dengan kekuatan 7,1 SR, disusul gempa kedua berkekuatan 6,9 SR dan terakhir 6,1 SR, dengan durasi sekitar tiga sampai lima detik.

Pusat gempa diperkirakan berjarak sekira 103 kilometer dari bibir pantai Teluk Dalam, Kepulauan Nias, atau pada episentrum 0'1 lintang Utara dan 96'91 bujur Timur. "Kedalaman pusat gempa diperkirakan sekitar 33 kilometer di bawah permukaan laut," ujar Bayu.

Berdasarkan catatan yang diperoleh Waspada dari Badan Geologi Amerika Serikat atau USGS gempa terjadi pukul 22:28:24 dengan kekuatan 6,8 pada skala richter dengan titik pusat gempa berada 0 derajat 07 menit LU dan 97 derajat 01 menit Bujur Timur. Tepatnya 270 km barat daya Sibolga tepatnya di Samudera Hindia sebelah barat Pulau Nias. Menurut catatan USGS kedalaman gempa berada pada kedalaman 1,9 km

Sementara berdasarkan laporan koresponden Waspada di Gunungsitoli, Nias, Bothaniman Jaya Telaumbanua, getaran gempa yang cukup keras membuat warga di kota itu berlarian ke luar dari rumahnya. Bahkan banyak warga yang segera melarikan diri ke arah perbukitan mengantisipasi kemungkinan naiknya gelombang air laut. Namun setelah menunggu hingga pukul 23:15, akhirnya warga kembali ke rumah masing-masing.

Laporan lainnya dari koresponden Waspada di Sibolga, Zulfan Nasution, warga di kota Teluk Tapian Nauli ramai-ramai ke luar dan beberapa di antaranya sempat berdiri di pinggiran laut. Mereka sebut Zulfan, ingin mengetahui perkembangan air laut. Tetapi hingga pukul 23:15, gelombang air laut tidak menunjukkan gerakan yang eksplosif.

Seorang warga Tarutung, Sori Muda Siregar yang menghubungi Waspada malam tadi menyebutkan, getaran gempa cukup kuat dirasa. Bahkan menurut dia goyangan gempa terasa sedikit lama. Namun diakuinya warga di kota itu tidak banyak ke luar dari rumah saat gempa terjadi.

Getaran gempa dirasakan di Kota Padang sekitar III MMI. BMG Jakarta sampai saat ini masih menghimpun data dan informasi sekaitan dengan gempa yang terjadi di kawasan Kepulauan Nias itu. Pulau Nias pernah dilanda gempa dan gelombang tsunami pada 26 Desember 2004. Kemudian pada tanggal 28 Maret 2005 gempa kembali mengguncang Nias dengan kekuatan 8,7 SR yang menewaskan ratusan warga dan merusakkan ribuan rumah warga. ****

Sumber: Waspada Online, Rabu, 17 Mei 2006

Posts related to Gempa 7,1 SR Landa Nias * Terasa Di Sibolga Dan Tarutung:

0 komentar | add komentar

Post a Comment