Ratusan Pedagang Kecil Pemohon Dana PEU BRR Via KSU Faeri Nias Kecewa

Posted by Unknown on 5/23/06

Ratusan Pedagang Kecil Pemohon Dana PEU BRR Via KSU Faeri Nias Kecewa -

Gunungsitoli, (Analisa) -

Ratusan pedagang kecil di Kota Gunungsitoli, Nias pemohon dan bergulir untuk pemberdayaan ekonomi dan usaha (PEU) Nias dari Badan Rekonstruksi dan Relokasi (BRR) NAD-Nias via KSU Faeri Nias kecewa, karena tidak mendapat bagian, diduga orang-orang dekat pengurus yang diprioritaskan.

Hal itu terungkap di Gunungsitoli, Kamis lalu dari pedagang kecil yang silih berganti menanyakan tentang proses penyaluran dana PEU di kantor KSU Faeri Nias, sedangkan warga penerima diduga sebagai famili.

Ketua KSU Faeri Nias, F. Mendrofa di kantor KSU Faeri Jalan Sudirman Gunungsitoli yang dihubungi membenarkan telah menerima dana PEU sebesar Rp1,235 milyar yang disarankan untuk bantuan lunak tanpa bunga kepada 150 orang pemohon sebesar Rp2 juta per orang, dan 82 orang pemohon sebesar Rp5 juta per orang serta 7 orang penerima dana Rp75 juta per orang bagi pedagang grosir yang ditentukan oleh staf Deperindag Nias.

Menanggapi warga yang kecewa, pihaknya mengatakan, “itu wajar saja’ tetapi untuk diketahui penerima harus diseleksi dan ada orang dalam yang menjamin, soal cepatnya dana tersalur, tegas Mendrofa.

“Memang 150 orang penerima Rp2 juta per orang, dan sedang berlangsung penyaluran Rp5 juta per orang kepada 82 orang pemohon,” kata Mendrofa.

Secara terpisah, Kepala Satuan Kerja (Satker) Pemberdayaan Ekonomi dan Usaha Nias-BRR NAD, Fuad Muin S.Pi kepada Analisa membenarkan telah dilakukan penyaluran bergulir untuk kegiatan modal kerja dan usaha periode Tahun Anggaran 2005 melalui 6 koperasi, masing-masing KSU Faeri, Jalan Sudirman Gunungsitoli Rp1,2 milyar, KUD Temani, Gunungsitoli Idanoi Rp595 juta, KSU Kasih, Jalan Melati Gunungsitoli Rp520 juta, KSU Bazomasi, Desa Fadoro You Hiliduho Rp520 juta, KSU Koperasi Defalu Jaya, Desa Tetehosi Idanogawo Rp420 juta dan Koperasi Tafaeri Raya, Jalan Diponegoro No. 25 Teluk Dalam Rp760 juta. (esp)

Sumber: analisadaily online, Selasa, 23 Mei 2006

Posts related to Ratusan Pedagang Kecil Pemohon Dana PEU BRR Via KSU Faeri Nias Kecewa:

0 komentar | add komentar

Post a Comment