TNI AL Sibolga Tangkap Kapal Memakai Handak

Posted by Unknown on 1/23/06

TNI AL Sibolga Tangkap Kapal Memakai Handak -

Sibolga, WASPADA Online

Personil TNI AL Sibolga yang bertugas di Pulau Tello Nias Selatan menangkap satu unit kapal KM Komando B GT.7 dan tujuh anak buah kapal (ABK) saat menangkap ikan dengan mempergunakan bahan peledak (handak).

Ke tujuh ABK itu, Zul Irwandi, 29, (nakhoda) Sulvi, 29, Rahmadi T 33, warga Sibolga. Kemudian Hendrik, 20, Day Fizal, 25, Paddin S, 23 dan Rizki Gunawan Pasaribu 19, warga Tapteng.

Selain kapal dan ABK KM Komando B, petugas AL Sibolga juga menyita sejumlah barang bukti yang ada diatas kapal yaitu, satu unit kompresor, bahan peledak dalam kemasan botol sebanyak 27, portasium 1 plastik, belerang 1 plastik dan ikan hasil tangkapan kapal sebanyak 500 Kg.

Dan Lanal Sibolga, Letkol Laut (P) Jaka Santosa, S.Sos bersama Wakil Walikota Sibolga, H. Afifi Lubis, SH.MM serta Dandim 0211 TT kepada Waspada, Sabtu (21/1) di Markas TNI AL Sibolga Jl S. Parman menjelaskan, penangkapan tersebut dipimpin Danpos Lanal Sibolga di Pulau Tello, Serma Laut Udin Chairuddin pada hari Kamis (19/1) sekira pukul 22:00.

“Jauh hari sebelumnya pihak kita telah melakukan operasi intelijen, setelah tahu kapal bergerak dari Sibolga, saya menginstruksikan para personil di Pos daerah Pini, dan Pulau Tello melakukan pengintaian. Kamis malam personil menangkap KM Komando B dan ABK nya yang memang sedang melakukan pengeboman ikan di laut,” katanya.

Santosa menambahkan, pihaknya tetap komit memburu kapal dan para ABK yang mempergunakan alat tangkap bahan peledak. Hal ini dilakukan agar tetap menjaga ekosistem yang ada di laut. “Saya komit memburu kapal-kapal yang mempergunakan alat tangkap bahan peledak, sebab merusak habitat di laut,” tegas Santosa.

Para tersangka kata dia, dijerat pasal 84 UU No. 31 Tahun 2004 tentang perikanan dengan ancaman hukuman 6 sampai 10 tahun penjara dan denda Rp 1,2 miliar.

Dalam kesempatan itu Wakil Walikota Sibolga, H. Afifi Lubis, SH.MM mengatakan, penangkapan KM Komando B oleh Lanal Sibolga suatu keberhasilan yang gemilang. “Kami sebagai pemerintah Kota Sibolga berharap kepada Lanal Sibolga menindaklanjuti dan mengusut kasus ini hingga tuntas,” imbuh Afifi.(c25) (sn)
Sumber: Waspada Online, Senin, 23 Januari 2006

Posts related to TNI AL Sibolga Tangkap Kapal Memakai Handak:

0 komentar | add komentar

Post a Comment