Tragedi Papua Bisa Trerjadi di Sumut

Posted by Unknown on 12/21/05

Tragedi Papua Bisa Trerjadi di Sumut -
Medan (SIB)

Tragedi pangan dan kesehatan yang mengakibatkan meninggalnya 55 orang di Papua, bisa terjadi di daerah-daerah lain di seluruh Indonesia termasuk di Sumatera Utara, jika pemerintah tidak responsif terhadap kondisi rakyat miskin di daerah-daerah yang tidak terjangkau komunikasi dan transportasi.

Hal itu dikatakan Ketua DPW PDS Sumut DR (HC) Drs Toga Sianturi MA didampingi staf ahli DPRD Sumut Himpun Panggabean kepada pers di kantor DPW PDS Sumut Medan Senin (19/12).

Toga Sianturi yang juga Ketua Fraksi PDS Sumut itu mengungkapkan, di daerah-daerah yang merupakan peta kemiskinan di Sumut seperti Nias dan Nias Selatan yang pelosok-pelosoknya tidak dapat dijangkau sarana komunikasi dan transportasi tragedi kemanusiaan yang sama juga bisa terjadi.

“Jangankan di pelosok-pelosok seperti itu, di Kabupaten Tapanuli Utara pun kondisi yang sama mungkin bisa terjadi, jika pemerintah tidak proaktif melakukan pemetaan dan penelitian terhadap daerah-daerah miskin. Saya bersama pengamat sosial Himpun Panggabean pernah berjalan kaki di Dusun Aek Matio Kec Adianhoting Tapanuli Utara yang jaraknya hanya sekitar 4 km dari jalan Tarutung-Sibolga. Di sana, rata-rata keluarga hanya sekali makan nasi dalam satu hari dan satu kali makan ubi tanpa atau dengan lauk pauk,” kata Toga Sianturi yang juga anggota BKD DPRD Sumut itu.

Apakah rakyat di dusun itu dinamakan kurang makan, rawan pangan, gizi buruk atau apa pun namanya, situasi tersebut mengidentifikasikan bahwa di Sumatera Utara kemungkinan terjadinya tragedi Papua bisa terulang. “Ini kan baru wacana tentang dusun yang hanya berjarak beberapa kilometer dari ibukota kabupaten. Bagaimana dengan Dusun Batu Rongga dan puluhan dusun di Nias dan Nias Selatan yang jaraknya puluhan kilometer dari ibukota Kabupaten,” ujar Toga.

Sehubungan dengan itu, Toga yang sangat sedih ketika berbicara mengenai rakyat miskin itu mengharapkan, pemerintah di setiap kabupaten dan kecamatan agar lebih proaktif mengunjungi semua pelosok yang ada di daerahnya dan merekam semua kesulitan yang dihadapi penduduk, khususnya masalah pangan dan kesehatan. Pemerintah tidak perlu malu-malu mengakui bahwa di daerahnya terdapat dusun-dusun yang rentan terhadap kekurangan pangan, busung lapar, gizi buruk, dan berbagai jenis penyakit, khususnya penyakit menular.

“Barang siapa yang memberikan informasi tentang ancaman terhadap eksistensi kemanusiaan harus dihargai. Bukan seperti dalam tragedi Papua, pemerintah dalam hal ini Menko Kesra Abu Rizal Bakrie berusaha menutupi kelemahan pemerintah dengan mengatakan bahwa di Papua tidak terjadi kelaparan, yang terjadi adalah rawan pangan. Eufemisme itu kan tidak perlu, apakah meninggalnya puluhan orang disebabkan oleh busung lapar, rawan pangan atau penyakit tidak perlu dipersoalkan,” katanya.

Yang jelas, kata Toga puluhan orang meninggal di Papua akibat keterisolasian sampai Indonesia merdeka selama 60 tahun. Tak perlu dicari kambing hitam bahwa tragedi Papua sengaja diperbesar-besar oleh pihak-pihak yang mendukung Gerakan Papua Merdeka. “Kita bersyukur kepada semua pihak yang menjadikan tragedi Papua sebagai konsumsi publik nasional dan internasional. Jika mereka tidak berbuat perhatian besar terhadap Papua, kan tidak mungkin terjadi,” katanya.

Sekarang semua sibuk mengurusi Papua. Ada yang mengurusi lumbung pangan, sistem komunikasi, sarana transportasi, pelayanan medis, dan penyuluhan pertanian. Kenapa ini tidak dilakukan dari dulu sebelum korban jiwa berjatuhan, kata Toga.

Ditambahkan sebelum terjadi tragedi, sebaiknya dilakukan antisipasi dan tindakan. Sediakan payung sebelum hujan. “Inilah harapan saya kepada seluruh pejabat pemerintah di seluruh Indonesia khususnya di Sumut,” tandas Sianturi. (C4/y)
Sumber: hariansib Online, Selasa, 20 Desember 2005

Title : Tragedi Papua Bisa Trerjadi di SumutSEOer Mendem5
URL : http://mixed-corner.blogspot.com/2005/12/tragedi-papua-bisa-trerjadi-di-sumut_21.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Tragedi Papua Bisa Trerjadi di Sumut ini jika bermanfaat bagi sobat.

Posts related to Tragedi Papua Bisa Trerjadi di Sumut:

0 komentar | add komentar

Post a Comment