Kronologi Menyerahnya Gayus di Singapura

Posted by Unknown on 3/30/10

Kronologi Menyerahnya Gayus di Singapura - ui onblur="try {parent.deselectBloggerImageGracefully();} catch(e) {}" href="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJ6An9cYb_bkkcjHfJMSr-48-EFlYdT7mtwlL9zIZiIr4n65s9i7_A7t7arFIkLXsMrUOZgIEPPNKgNVFRFaC7yqy9rJS4rsXwfM2tLpRIv0yXXTgnB0Rw93zUQj7OjbVthZUuuLh8B9M/s1600/gayus.jpg">
Buronan kasus penggelapan pajak, Gayus Halomoan Tambunan akhirnya berhasil dibujuk Tim Satgas Antimafia Hukum dan Mabes Polri untuk pulang ke Indonesia.

Sekretaris Satgas Pemberantasan Mafia Hukum Denny Indrayana dalam surat elektorniknya, Rabu (31/3), memaparkan kronologi penjemputan dari Singapura. Berikut kronologinya;

Awalnya, pada Selasa (31/3), pukul 10:00 WIB Satgas Pemberantasan Mafia Hukum berkoordinasi dengan Kabareskrim Komjen Pol Ito Sumardi untuk menjajaki kemungkinan bekerjasama untuk melakukan penjemputan Gayus Tambunan di Singapura. Diputuskan Tim Satgas berangkat hari itu juga ke Singapura.

Pada pukul 16:40 dihari yang sama, anggota Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, Mas Achmad Santosa dan Denny Indrayana, berangkat dari Bandara Soekarno Hatta-Jakarta menuju Bandara Changi Singapura. Lalu pada pukul 19:15 waktu Singapura Tim Satgas mendarat di Changi dan langsung berkoordinasi dengan Kabareskrim yang sudah lebih dahulu berada di Singapura.

Pukul 20:30 Tim Satgas yang berencana makan malam di Asian Food Mall, Lucky Plaza, Orchard Road, tapi secara kebetulan bertemu dengan Gayus Tambunan yang juga sedang membeli makan malam. Tim Satgas langsung menghubungi Kabareskrim melalui telepon untuk memberitahukan keberadaan dan pertemuan dengan Gayus.

Tim Satgas Antimafia Hukum dan Mabes Polri tak sengaja bertemu dengan Gayus Halomoan Tambunan di Singapura. Gayus akhirnya berhasil dibujuk untuk pulang ke Indonesia.

Sekretaris Satgas Pemberantasan Mafia Hukum Denny Indrayana dalam surat elektorniknya, Rabu (31/3), memaparkan kronologi penjemputan dari Singapura. Berikut kelanjutan kronologinya;

Setelah bertemu Gayus secara tak sengaja saat Tim hendak makan malam di di Asian Food Mall, Lucky Plaza, Orchard Road, kemudian, dari pukul 20:30 hingga 22:30, Tim Satgas berbicara selama 2 (dua) jam dengan Gayus untuk membujuk dan meyakinkannya agar kooperatif kembali ke tanah air menghadapi proses hukum. Melalui dialog yang cukup panjang, Gayus dapat diyakinkan bahwa pilihan kembali ke tanah air adalah pilihan terbaik dibandingkan harus terus-menerus bersembunyi di Singapura.

Selanjutnya, pada pukul 22:30 Tim Satgas bersama Kombes Pol M Iriawan mengantarkan Gayus kembali ke Hotel Mandarin Meritus (Kamar 2105) untuk berunding dengan istrinya yang menyertainya di Singapura. Dan pada pukul 23:30 WIB Tim Satgas beserta Kombes M Iriawan mempertemukan Gayus dengan Kabareskrim, Staf Konjen RI di Singapura serta pejabat kepolisian Singapura untuk mempersiapkan dokumen imigrasi agar yang bersangkutan dapat kembali ke tanah air.

Persiapan dokumen imigrasi tersebut perlu dilakukan, karena paspor yang digunakan Gayus telah dicabut. Pada pertemuan ini, Kabareskrim dan tim kembali meyakinkan Gayus untuk kembali ke tanah air menghadapi proses hukum.

Saat ini, seperti dikatakan kepala Bidang Penerangan Umum Polri, Komisaris Besar Polisi Ketut Untung Yoga Ana, Tim tengah mempersiapkan dokumen-dokumen seperti SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor) untuk memulangkan Gayus. Rencananya, Gayus akan diterbangkan ke Indonesia, Rabu (31/3) pada pukul 15.00 waktu Singapura.

"Sekitar pukul 3 sore nanti waktu Singapura akan dibawa ke Indonesia," ujarnya.


Posts related to Kronologi Menyerahnya Gayus di Singapura:

0 komentar | add komentar

Post a Comment