Hari Ini Masyarakat Pulau Nias Peringati 1 Tahun Gempa Bumi Dahsyat 28 Maret 2005

Posted by Unknown on 3/28/06

Hari Ini Masyarakat Pulau Nias Peringati 1 Tahun Gempa Bumi Dahsyat 28 Maret 2005 -
Gunungsitoli (SIB)
Masyarakat di Pulau Nias akan memperingati peristiwa 1 tahun bencana alam gempa bumi tanggal 28 Maret 2005 lalu, yang akan dipusatkan di Jalan Sirao, Selasa (28/3) sekira pukul 23.15 WIB.
Pengurus Punguan Dos Roha P Sihite kepada SIB, Sabtu (25/3), mengungkapkan untuk peringatan peristiwa bencana alam gempa bumi 28 Maret 2005 lalu, yang telah menimbulkan korban jiwa, serta menghancurkan rumah-rumah penduduk, fasilitas milik pemerintah, dan sebagainya, maka Punguan Dos Roha Gunungsitoli akan menyediakan lilin sebanyak 5.000 batang, yang akan dinyalakan menghormati para korban gempa bumi di Pulau Nias.
Lilin tersebut, kata Sihite, akan dibagi-bagikan kepada peserta yang hadir untuk dinyalakan pada acara tanggal 28 Maret 2006 tepat pukul 23.15 WIB bertepatan dengan waktu terjadinya gempa yang telah memporak-porandakan kota Gunungsitoli.
Menurut P. Sihite sebagai rangkaian mengenang 1 tahun gempa bumi di Nias, diperkirakan Gubsu bersama Dubes AS dan Australia akan mengunjungi Kecamatan Amandraya Kabupaten Nias Selatan, lokasi jatuhnya Helikopter Australia yang mengakibatkan jatuhnya korban 11 relawan tentara Australia yang sedang melaksanakan kegiatan kemanusiaan.
Tanggal 28 Maret 2006, kegiatan Gubsu diawali dengan pelantikan Bupati terpilih Nias Selatan Fahuwusa Laia SH MH dan Wakil Bupati Daniel Duha SH dilanjutkan kunjungan ke lokasi jatuhnya pesawat Amandraya Kab. Nias Selatan. Kemudian menuju Kecamatan Gunungsitoli mengikuti acara peringatan 1 tahun pasca gempa bumi tanggal 28 Maret 2005.
Pantauan SIB, Minggu (26/3), di Mesjid Jami Gunungsitoli dilaksanakan doa mengenang 1 tahun pasca gempa bumi dahsyat di Nias dan seluruh gereja di Pulau Nias juga melakukan doa syafaat untuk mendoakan para korban yang telah meninggal pada peristiwa tersebut. Sementara umat katolik dan etnis Tionghoa Gunungsitoli mengadakan doa bersama di kuburan massal KM 7 arah Laowomaru agar para keluarga korban diberi kekuatan dan ketabahan dan sekaligus mendoakan Pulau Nias menjadi Pulau Nias baru yang maju, beriman, mandiri dan sejahtera.
Di tempat terpisah, LSM Ketua LP-KRan Kecamatan Lahewa El Sudiman Zebua dan Ketua LP-KRan Kecamatan Lotu Matatias Harefa mengatakan doa keselamatan yang dilakukan oleh seluruh umat Islam, Kristiani, Hindu, Budha di Nias merupakan doa terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa karena melindungi umatNya selama 1 tahun pasca gempa bumi.
Matatias Harefa juga menyampaikan terima kasih kepada negara-negara yang telah ikut meringankan penderitaan masyarakat Nias pasca gempa bumi. “Doa kita semoga dermawan yang telah membantu Nias baik dari negara manapun dia berasal kiranya Tuhan melimpahkan berkat dan anugerahNya,” ucap Matatias Harefa. (LZ/A14/w)
Sumber:harian sib online, Selasa, 28 Maret 2006

Posts related to Hari Ini Masyarakat Pulau Nias Peringati 1 Tahun Gempa Bumi Dahsyat 28 Maret 2005:

0 komentar | add komentar

Post a Comment