KontraS Desak Pemerintah Dirikan Perwakilan Komnas HAM

Posted by Unknown on 3/18/06

KontraS Desak Pemerintah Dirikan Perwakilan Komnas HAM -


MEDAN ( Berita )

Komisi Untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan Sumatera Utara (KontraS) mendesak pemerintah segera mendirikan Perwakilan Komnas HAM di Nias. Demikian di sampaikan Kepala Operasional Diah Susilowati dalam jumpa pers, Jumat (17/3) di kantor KontraS Jalan Brigjen Katamso Gg. Merdeka N0.20 Medan.

Diah juga menambahkan perlunya didirikan Perwakilan Komnas HAM di Nias adalah untuk menghindari agar tidak terjadinya kasus-kasus Pelanggaran HAM yang menyengsarakan masyarakat Nias, sebab di Nias institusi negara di Nias sangat berkuasa dibandingkan masyarakat.

Sementara itu, Nias yang penduduknya mayoritas berpendidikan rendah dan ekonomi yang lemah sehingga sering menjadi korban tindak kekerasan dan pelanggaran HAM.

Selain itu, banyaknya kasus pelanggarang yang terjadi Nias, sepeti pada tanggal 28 November lalu aksi yang dilakukan warga Nias Selatan diwarnai dengan penangkapan salah seorang demonstran oleh aparat polisi. Penangkapan tersebut sangat tidak adil dan tanpa prosedur yang jelas polisi langsung menganiaya korban.

Kemudian kasus wartawan Berita Sore Elyudin Telaumbanua juga sampai saat ini belum dapat di selesaikan dengan alasan kurangnya saksi dan tidak beraninya masyarakat memberikan kesaksian. "Untuk itu, Kontras meminta pemerintah agar lebih memperhatikan dengan segera membuat Perwakilan Komnas HAM," jelas Diah.(lie)

Sumber: beritasore online, Sabtu, 18 Maret 2006

Posts related to KontraS Desak Pemerintah Dirikan Perwakilan Komnas HAM:

0 komentar | add komentar

Post a Comment