Pilkada Nias : Pasangan No 5 Sementara Unggul di 11 dari 19 Kecamatan

Posted by Unknown on 3/1/06

Pilkada Nias : Pasangan No 5 Sementara Unggul di 11 dari 19 Kecamatan - Gunungsitoli (SIB)

Pasangan calon Bupati Nias & Wakil Bupati Nias Binahati B Baeha & Temazaro Harefa (No.5) tampak bersaing ketat dengan pasangan Drs Sylvester Lase & Zemi Gulo SH pada hari ke-2 pasca Pilkada Nias 2006, dengan prosentase perolehan suara sementara masing-masing 28,74 persen dan 25,17 persen, sehingga Pilkada Nias 2006 ini diyakini akan terbebas dari pelaksanaan Pilkada putaran kedua bila perolehan final quota suara minimal 25 persen diperoleh nantinya.Sumber SIB yang resmi dari jaringan saksi perhitungan suara (SPS-SPS) setiap kecamatan, menyebutkan untuk pasangan Binahati - Temazaro untuk sementara juga unggul di 11 kecamatan dari total 19 kecamatan, namun belum diperoleh jumlah perolehan suara final yang resmi dari setiap panitia pemilihan tingkat kecamatan (PPK-PPK).



Ke-11 kecamatan yang dipastikan telah dimenangkan pasangan Binahati B Baeha & Temazaro Harefa berdasarkan rekapitulasi angka perhitungan suara dari seluruh TPS-TPS setiap kecamatan, adalah Bawolato (35 persen), Gunungsitoli (19 persen), Gunungsitoli Utara (21 persen), Idano Gawo (21 persen), Lahewa (51 persen), Lolofitu Moi (25 persen), Lotu (45 persen), Mandrehe Utara (35 persen), Namohalu Esiwa (28 persen), dan Kecamatan Tuhemberua memperoleh 30 persen suara dari total pemilih yang hadir. Prosentase perolehan suara untuk pasangan calon Nomor 5 bahkan diperhitungkan melebihi 28 persen bila angka dari Kecamatan Afulu (daerah terjauh dari Gunungsitoli) karena para pendukung Nomor 5 memastikan perolehan suara untuk Binahati-Temazaro di kecamatan ini tak kurang dari 40 persen dari total pemilih.



“Sementara ini, khususnya di Kota Gunungsitoli sebagai daerah pemilihan yang terbanyak pemilihnya, pasangan Nomor 5 (Binahati-Temazaro) tampak bersaing ketat dengan pasangan Nomor 3 (Sylvester Lase-Zemi Gulo),” ungkap petugas PPK Kecamatan Gunungsitoli kepada SIB di kantornya, Rabu (29/2). PPK Gunungsitoli dipimpin Pdt Faatoolo Zebua STh, bersama anggota : Budi Alamsyah Telaumbanua, Arohada Telaumbanua, Alex Telaumbanua, dan Yanuari Zebua.



Data sementara PPK Gunungsitoli yang telah mencapai validasi 95 persen, antara lain menunjukkan pasangan Binahati-Temazaro memperoleh 6.238 suara, disusul Sylvester - Zemi Gulo 5.328 suara, Arkian Zebua-Marthin Luther Daeli 5.269 suara, Agus H Mendrofa-Bastian Zebua 3.829 suara, dan pasangan Sokhiatulo Laoli-Sanudin Zebua 3.722 suara. Posisi serupa juga tampak pada perolehan suara dari Kecamatan Tuhemberua, bahwa pasangan Binahati-Temazaro disusul Sylvester-Zemi Gulo pada urutan kedua. Namun, di kalangan umum, gejala kemenangan Binahati-Temazaro telah menjadi perbincangan, termasuk para pengemudi beca dan pedagang yang mengaku semula telah memprediksikan Balon Nomor 5 akan menang.



Data sementara yang dihimpun SIB dari sejumlah saksi perhitungan suara, persaingan ketat Binahati-Temazaro dengan Sylvester-Zemi Gulo tampak menarik karena mengandung sumber sentimen basis antara basis wilayah dengan basis massa. Binahati-Temazaro tampak unggul di 11 kecamatan dengan potensi pemilih total 144.018 suara. Sedangkan pasangan Sylvester Lase-Zemi Gulo sementara tampak unggul di beberapa kecamatan saja, namun potensi massa pemilihnya terbilang besar seperti Kecamatan Alasa, Gunungsitoli Selatan, Hiliduho Mandrehe, Sirombu dan Tugala Oyo, dengan total potensi 76.003 suara. Adapun pasangan Nomor 1 (Sokhiatulo-Sanudin) hanya unggul di Kecamatan Gido dan Gunungsitoli Idanoi dengan perolehan 40 persen hingga 50 persen suara dari total pemilih yang hadir.



“Hal menarik terjadi di Kecamatan Mandrehe. Pada saat kampanye, sambutan kepada Binahati-Temazaro tampak luar biasa. Tapi pada saat pemilihan, hampir 50 persen suara pemilih yang hadir ternyata ‘lari’ ke pasangan Sylvester-Zemi Gulo. Namun, rekapitulasi umum dan indikasi matematis tetap menunjukkan pasangan Binahati - Temazaro akan menang. Lalu di Kecamatan Alasa, target unggul Binahati-Temazaro agak meleset tipis karena ada orang yang membelot. Untunglah segera turun Yaatoziduhu ‘Gatot’ Laoli dari ‘Barisan Diam Emas’ pendukung Nomor 5 mengantisipasi sehingga selisih angkanya menipis,’ ujar seorang pemerhati politik di Nias. (A14/LZ/f)



Sumber: Harian SIB Online, Kamis 2 Maret 2006

Posts related to Pilkada Nias : Pasangan No 5 Sementara Unggul di 11 dari 19 Kecamatan:

0 komentar | add komentar

Post a Comment