Pencairan Dana BOS dan BKM Tahap Kedua di Sumut Akhir Maret 2006

Posted by Unknown on 3/16/06

Pencairan Dana BOS dan BKM Tahap Kedua di Sumut Akhir Maret 2006 -

Medan (SIB)

Karena masih adanya sejumlah daerah belum melaporkan data siswa dari masing-masing sekolah penerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan BKM (Bantuan Khusus Murid) di Sumut tahap kedua tahun ini, pencairan dana tersebut ditunda dan akan disalurkan selambat-lambatnya akhir Maret 2006.

Hal itu dikatakan Kadis Pendidikan (Kadisdik) Sumut Drs Taroni Hia melalui Pimpinan Kegiatan Saker (Satuan Kerja) PKPS-BBM (Program Kompensasi Pengurangan Subsidi Bahan Bakar Minyak) Drs Lutfhi Hendri kepada SIB di Kantor Jalan T Cik Ditiro Medan, Rabu (15/3).
Menurut Lutfhi, penundaan pengalokasian dana tersebut disebabkan sejumlah daerah, diantaranya Dairi, Pakpak Bharat, Nias dan Nias Selatan (Nisel) hingga kini belum melaporkan rekap data siswa per sekolah penerima dananya seperti pada tahun 2005 lalu.
Ditegaskan, pihaknya telah menyurati keempat daerah dimaksud untuk segera mengirimkan proposal yang dilengkapi data-data penunjang guna mendapatkan dana bantuan itu sehingga proses pencairannya tidak tertunda-tunda.
Ketika didesak kepastian pencairan dananya, Luffhi menegaskan, jika semua daerah telah melengkapi data siswa berdasarkan sekolah penerima bantuan maka dana BOS yang diperuntukkan bagi SD dan SMP sederajat maupun dana BKM diperuntukkan bagi SMA/SMK sederajat akan dicairkan selambat-lambatnya akhir Maret 2006 mendatang.
Menyinggung soal penyalurannya, dikatakan akan dilakukan dalam dua termin dengan sistem pembayaran per tiga bulan, yakni termin pertama untuk Januari-Maret dilaksanakan Maret 2006 dan termin kedua untuk April-Juni akan diserahkan April 2006 mendatang.
“Siswa SD sederajat menerima dana BOS Rp 19.500 per bulan, siswa SMP sederajat menerima dana BOS sebesar Rp 27.000 per bulan serta siswa SMA sederajat menerima dana BKM (Bantuan Khusus Murid) senilai Rp 65.000 per bulan bertujuan untuk membebaskan biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu dan meringankan beban bagi siswa lainnya guna memperoleh pelayanan pendidikan dasar bermutu sampai tamat belajar,” tegasnya. (A 16/u)
Sumber: hariansib online, 16 Maret 2006

Posts related to Pencairan Dana BOS dan BKM Tahap Kedua di Sumut Akhir Maret 2006:

0 komentar | add komentar

Post a Comment